Saturday, March 24, 2012

Perawatan Pada Anak Dengan Kejang Demam

Apa itu kejang deman???

Kejang demam adalah bangkitan kejang yang terjadi akibat demam, biasanya suhu tubuh meningkat dengan tiba-tiba, dan sering dijumpai pada anak usia dibawah 5 tahun. Untuk para Bunda sepertinya penting untuk disimak, mungkin hal ini dapat terjadi pada buah hati kita.

Bunda, taukah bahwa penyebab kejang demam itu diantaranya yaitu karena infeksi saluran pernafasan atas, radang telinga, campak/cacar air, dan idiopatik (belum diketahui secara jelas). Selain itu, adapun tanda dan gejala kejang demam pada anak adalah anak hilang kesadaran, tangan dan kaki kaku atau tersentak-sentak, sulit bernafas, wajah dan kulit menjadi pucat atau kebiruan, mata berputar-putar sehingga hanya putih mata yang terlihat.

Bagaimana cara perawatan anak selama kejang demam???

Bunda, apabila hal ini terjadi pada buah hati kita maka letakan anak di tempat yang aman, misalnya dilantai atau kasur. Jangan memberikan apapun untuk diminum selama kejang, jangan mengguncang-guncang atau berusaha ubtuk membangunkan anak, jangan menahan tubuh anak yang kejang. 

Jika anak sudah berhenti kejang miringkan anak, catat lamanya kejang dan apa yang dialami anak selama kejang, letakkan benda diantara gigi anak. Jika anak anda terasa panas katika diraba, anda dapat memberikan kompres. Segera setelah kejang berhenti, bawalah buah hati kita ke dokter.

Bunda, hal penting yang perlu diketahui oleh Orang Tua bahwa selama kejang terjadi anak tidak merasakan nyeri, kejang demam bukanlah epilepsy atau ayan, kejang yang berlangsung singkat tidak menyebabkan kerusakan otak, dan anak yang pernah menderita kejang demam tumbuh sehat seperti halnya anak lainnya.

Bunda, semoga informasi ini dapat bermanfaat yaa…